Wednesday, May 16, 2007

Galeri Seni Lukis














GALERI SENI LUKIS
Proyek Studio
Arsitektur 7 ( 2006 )


LATAR BELAKANG PROYEK
Yogyakarta merupakan salah satu pusat perkembangan seni lukis Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, semakin banyak pula pelukis-pelukis baru yang terlahir untuk menciptakan karya-karya baru mereka.
Galeri seni lukis dapat menjadi wadah bagi para pelukis baru dalam mengenalkan karya mereka kepada masyarakat luas. Diadakannya sebuah Galeri Seni Lukis di Yogyakarta juga sangat membantu dalam meningkatkan jumlah pameran, bursa, dan lelang lukisan di Yogyakarta. Galeri Seni Lukis di Yogyakarta ini tidak seperti galeri kebanyakan yang hanya berorientasi pada sisi komersil. Tetapi juga menyediakan wadah-wadah yang mendukung perkembangan seni lukis di Yogyakarta melalui fasilitas pendukung seperti pusat informasi, riset, komunikasi, dokumentasi dan pendidikan seni lukis.

KONSEP
Sebuah galeri seni lukis yang baik harus memiliki kualitas, citra, filsafat, maupun ekspresi sebuah seni, khususnya seni lukis. Untuk mewujudkannya dapat dicapai dengan mengambil ekspresi dari karya seni lukis yang dipamerkan pada galeri seni lukis tersebut. Pada Galeri Seni Lukis di Yogyakarta ini ekspresi yang diambil adalah ekspresi pada seni aliran seni lukis seperti realisme, naturalisme, ekspressionisme, impresionisme, kubisme, abstrakisme, dan surealisme. Untuk mendapatkan ekspresi tersebut dilakukan dengan cara mentransformasikan karakteristik aliran seni lukis modern dan karakteristik aliran seni lukis tersebut menjadi karakteristik ruang dan bangunan Galeri Seni Lukis Modern di Yogyakarta yang nantinya akan memberikan ekspresi pada bangunan tersebut.
Student Architect
I Gusti Agung Ngurah Widianingrat
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta

1 comment:

vindy koesnoto said...

galerinya bagus, btw sy boleh lebih tau lebih banyak gak ya bwt denahnya?
karna tertarik juga untuk membuat galeri seni bwt tugas,
tq